Semua ada disini!

22 Okt 2012

Asal Mula Candi Borobudur

Posted by admin, at, Monday, October 22th 2012


Candi Borobudur adalah candi buddha terbesar di Asia Tenggara. Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah Indonesia. Di tingkatan paling atas terdapat stupa induk dan relief di setiap dinding candi. Candi Borobudur ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814 yang pada saat itu menjadi Gubernur Inggris di Pulau Jawa. Sir Thomas Stamford Raffles-lah yang menemukan bunga bangkai terbesar, Rafflesia Arnoldi, maka dari itu nama depan bunga ini diambil dari namanya, Raffles. kembali lagi ke borobudur, menurut ahli, borobudur terkubur didalam tanah dikarenakan letusan gunung Merapi yang sangat hebat dan membuat Candi Borobudur terkubur selama ratusan tahun.

Pada tahun 1814, dikabari mengenai adanya monumen besar jauh didalam hutan des Bumisegoro. dikarenakan Sir Thomas Stamford Raffles berhalangan, maka ia mengutus HC Cornelius untuk menyelidiki Borobudur. Borobudur terus digali dan dibersihkan dari semak belukar dan debu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi. Setelah semua bangunan terlihat, Borobudur terus diteliti dan akhirnya Borobudur menjadi penemuan terbesar. Ketika dilihat lebih dekat, banyak bagian borobudur yang mulai rusak karena terkubur selama ratusan tahun oleh debu vulkanik. Borobudur terus diperbaiki dan sampai akhirnya menjadi megah seperti sekarang ini.

Sekarang, Borobudur menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia diantara Kakbah di Mekkah, Taj Mahal di India Tembok Besar China di RRC. Tetapi borobudur sekarang mulai tergeser oleh keajaiban dunia yang lain, tetapi Indonesia akan terus mempertahankan Borobudur di 7 keajaiban dunia dan ingin menambahkan Pulau Komodo sebagai keajaiban dunia. Saat Merapi meletus pada tahun 2010, debu vulkanik di Borobudur mencapai ketebalan 5 cm dan terus dibersihkan secara bertahap oleh pemerintah Indonesia. Selama debu vulkanik masih menempel di dinding borobudur, wisatawan dilarang memasuki borobudur dikarenakan debu vulkanik yang berbahaya jika masuk kedalam paru-paru. 

Borobudur menjadi tempat yang banyak dikunjungi pada saat libur sekolah dan libur tahun baru. Di Borobudur juga tersedia souvenir beraneka ragam yang biasanya ramai pada saat hari libur panjang.

#walaupun saya ngga pernah ke Borobudur hehehe :D, tetapi saya masih sering membaca buku tentang tempat-tempat wisata di Indonesia :) 

Foto: 
   

  1 komentar:

  1. Blog ini masih dalam pembuatan, mohon maaf jika anda kurang berminat dengan blog ini :D

    BalasHapus

Popular Posts

Recent Posts

Selamat datang di blog ini

Total Tayangan Halaman

Translate This!

Cari Web